Kamera Samsung NX300 Menjadi Piranti Tizen Pertama

Samsung telah meluncurkan kamera terbarunya, NX300M pada bulan Oktober lalu di negara asalnya Korea Selatan. Dan menyusul peluncuran tersebut, Samsung mengumumkan bahwa kamera tersebut merupakan piranti pertamanya yang dijalankan dengan OS Tizen.
Samsung-NX300M1
Saat peluncuran kamera tersebut sebulan yang lalu, Samsung tidak mengungkapkan bahwa kamera tersebut dijalankan dengan OS Tizen, sebuah sistem operasi berbasis Linux alternatif yang dianggap sebagai platform yang lebih terbuka yang akan menyaingi Google Android dan Apple iOS. Dan kini Samsung memastikan bahwa kamera tersebut dijalankan dengan platform Tizen Camera yakni platform yang didesain untuk memberikan waktu booting yang lebih cepat dan meningkatkan performa kamera tersebut.
Dalam pernyataannya Samsung juga menyebutkan bahwa jika NX300M menjadi kamera pertama yang dijalankan dengan OS Tizen, maka smartphone pertama yang akan dijalankan dengan OS tersebut akan diluncurkan tahun depan, kemungkinan besar pada kuartak pertama 2014. Piranti Tizen pertama dari Samsung nampaknya dijalankan dengan Tizen 2.2.1 meskipun Samsung tengah mengerjakan versi yang lebih baru untuk OS tersebut, yakni Tizen 3.0 yang diharapkan bisa diluncurkan segera di tahun ini, yakni sekitar kuartal ketiga tahun 2013 ini.
Akan sangat menarik menunggu seperti apa smartphone Tizen pertama dari Samsung. Untuk user interfacenya sendiri sudah diketahui yakni tak akan berbeda jauh dengan jajaran smartphone Galaxy yang dijalankan dengan OS Android. Jika Samsung Galaxy berhasil meraih kesuksesan sehingga menjadikan Samsung berhasil menduduki jawara vendor ponsel dunia saat ini, akankah platform mobile Tizen ini juga bisa menyusul kepopuleran Android khususnya di seri Galaxynya? Kita tunggu dan lihat saja nanti.

0 comments:

Comments